chitika

Sunday, March 4, 2018

Selingkuh itu indah ??? Benarkah ???

Pengertian Selingkuh???

Selingkuh adalah istilah yang umum digunakan terkait perbuatan atau aktivitas yang tidak jujur dan menyeleweng terhadap pasangannya, baik pacar atau suami isteri. Istilah ini umumnya digunakan sebagai sesuatu yang melanggar kesepakatan atas kesetiaan hubungan seseorang. Motvasinya adalah untuk mendapatkan keuntungan yang tidak adil dalam situasi kompetitif. 

Rasulullah saw bersabda: “Setiap orang mungkin bisa melakukan zina dengan anggota badan. Kedua mata berzina, zinanya adalah melihat atau menatap aurat bukan muhrim. Kedua tangan berzina, zinanya adalah menyantuh atau meraba yang bukan muhrim. Kedua kaki berzina, zinanya adalah melangkan kedua kaki menemui orang yang bukan muhrim (tanpa alasan yang dibenarkan agama). Mulut berzina, zinanya mengecup orang yang bukan muhrim. Hati berzina, zinanya dengan menghayal berzina dengan bukan muhrim, atau menghayal pegangan tangan dengan bukan muhrim. Kesemua itu akan dibenarkan atau dinafikan oleh zina alat kelamin.” (HSR. Imam Ahmad dari Abu Hurairah). Kalau sudah sampai ke tingkat zina besar, yah itulah salah satu bentuk dosa besar atau dalam bahasa Arabnya disebut kabaair. 

Teori Selingkuh 

Teori 1: Manusia tidak secara alami bersifat monogami Menurut Dr Barash, salah satu teori terbesar dan paling sederhana yang bisa menjelaskan kenapa manusia selingkuh dari pasangannya adalah manusia tidak secara alami bersifat monogami. Tentu saja hal ini tidak sepenuhnya negatif. Ada hal serta kemampuan lain yang juga tidak kita kuasai secara alami. Misalnya saja kemampuan bermusik atau memasak bukan kemampuan yang kita miliki sedari lahir, perlu waktu untuk mengasahnya jika memang kita menaruh minat pada hal tersebut.Menurut Barash teori itu pun berlaku pada pada monogami. Kita bisa jadi tidak secara alami berniat berkomitmen pada satu orang, melainkan itu bisa kita pilih sebagai prioritas. 

Teori 2: Selingkuh ada dalam gen. Gen Anda memengaruhi semuanya, mulai dari tinggi badan, warna mata, kemampuan dalam berolahraga, hingga seberapa mudah Anda stres, serta kemungkinan Anda untuk selingkuh! Pertama, Anda perlu melihat DRD4, gen yang membantu memproduksi hormon dopamin, yang diproduksi otak ketika distimulasi oleh kesenangan seperti makanan, seks, dan lainnya. Anna Parsons menjelaskan bahwa semua orang memiliki gen DRD4. "Individu dengan alel DRD4 yang panjang perlu stimulasi yang lebih banyak untuk melepas dopamin," jelasnya. Studi menunjukkan, individu dengan alel panjang dua kali lebih mungkin melakukan seks bebas serta perselingkuhan dibandingkan mereka yang memiliki alel pendek. Gen lainnya yang memengaruhi hubungan Anda adalah AVPR1A, gen yang memproduksi arginine vasopressin yang menyangkut kemampuan mempercayai, empati, serta ikatan seksual. Menurut sebuah studi yang melibatkan individu kembar, 40 persen wanita yang memiliki varian spesifik dari gen ini memiliki kemungkinan selingkuh. 

Teori 3: Sistem otak membuat kita selingkuh. Menurut Fisher, kita memiliki tiga sistem otak yang berbeda terkait pernikahan: dorongan seksual, perasaan cinta romantis, serta perasaan keterikatan yang dalam. Tapi bukan berarti ketiganya selalu bersinergi satu sama lain. "Masalah muncul saat ketiga sistem otak tersebut tidak selalu ditujukan pada individu yang sama," ujar Fisher. Jadi, ketika pada saat bersamaan Anda mungkin merasa begitu terhubung dengan seseorang, sebagian otak yang memengaruhi dorongan seks Anda terfokus pada orang lainnya, dan bagian lain otak yang mengontrol perasaan cinta romantis terobsesi pada seseorang lain lagi. Hal itu bisa menjadi penyebab selingkuh. Apakah ketiga teori ini berlaku untuk semua orang? Tidak selalu demikian. Parsons mengatakan, teori-teori tersebut hanya memberi alternatif jawaban selain tuduhan "moral rendah" sebagai penyebab seseorang selingkuh. Dengan kata lain, berbagai faktor terkait biologis perlu dipertimbangkan ketika kita mencoba memahami kenapa seseorang selingkuh. 

Macam-macam Selingkuh 

1. Selingkuh Pikiran

Udah punya pasangan, tapi masih mikirin mantan adalah salah satu contoh selingkuh pikiran. Diam-diam, tanpa sepengetahuan pasangan, kita masih ingin tahu perihal kabar di masa lalu. Pasangan percaya kalo kita setia dan dia berusaha keras menjadi yang terbaik buat kita. Tapi, bukankah kita sedang menyia-nyiakan kepercayaannya? 

2. Selingkuh emosional

Ini lebih sering terjadi sama cewek, sih, meskipun banyak juga cowok yang melakukan ini. Berawal dari cerita keseharian, hal-hal sederhana, bahkan curhat tentang pasangannya sendiri. Inilah gerbang menuju merasa adanya kedekatan secara emosional. Biasanya, alesannya, “Dia kan, temen aku...” 

Padahal, kebanyakan pasangan bermula dari pertemanan, bukan? Tiba-tiba, pasangan makin jauh aja. Makin lama, makin ngerasa si temen ini lebih perhatian dan pengertian, atau malah lebih sepaham dalam obrolan. Eh, tau-tau udah lebih sering komunikasi dan jalan bareng si temen ini. Kalo pasangan tau, gimana? 

3. Selingkuh Fisik

Hal ini umum terjadi sama orang kantoran. Atas nama profesi, kerap bertemu dan jauh dari pasangan ngebuat seseorang memilih untuk bermesraan dengan orang ketiga. Apalagi, kalo cowok normal lihat cewek cakep yang meresponsnya dengan baik, hmmm nggak usah ditanya, deh. Peluang selingkuh jenis ini terbuka lebar. Ditambah lagi kalo ceweknya sendiri bawel bukan main, udahlah semakin enggan ngejalin komunikasi. Mending ke kafe bareng rekan “ashoy” yang ada di depan mata. 

4. Kombinasi ketiga selingkuh di atas

Lho, kenapa ada bagian ini? Bukannya, selingkuh fisik udah pasti selingkuh emosional?  Menurut saya, sih, enggak. Ada juga selingkuh fisik yang tanpa melibatkan perasaan, kan? Misalnya, kayak om-om yang suka bayar cewek buat diajak bobo bareng. Istilah kerennya, cinta satu malam.  Nah, beda ceritanya dengan kombinasi dari ketiga selingkuh ini. Pikiran, hati, dan raga lebih berpihak pada orang ketiga ketimbang pasangan sendiri. Kita lebih menikmati kebersamaan bersama orang ketiga itu. Malah, kalo diajak jalan-jalan sama pasangan, ada aja alesan buat nolak permintaannya. 

Resiko kalau kalian selingkuh

Setiap tindakan dari kita pasti ada resikonya. Apalagi selingkuh, pasti ada resiko yang ditimbulkan. Berikut adalah resiko jika kamu melakukan selingkuh :
1. Merasa bersalah
Ketika perselingkuhanmu diketahui oleh orang lain dan juga diketahui oleh pasanganmu, apakah kamu tega melihat pasanganmu sakit hati? Apakah kamu tega mempermainkan dua hati yang tulus mencintaimu? Jika sudah begitu, anda pasti akan dihantui oleh rasa bersalah yang selalu berputar-putar pada dirimu. Jika kamu tidak ingin menanggung resiko, jangan pernah coba-coba untuk selingkuh.

2. Kehilangan orang yang kamu sayangi
Jika kamu tidak ingin menanggung resiko ini, jangan pernah untuk mencoba berselingkuh. Kamu akan kehilangan seseorang yang benar-benar kamu sayangi. Setelah perselingkuhanmu diketahui oleh pasanganmu, jarak waktu dekat pasanganmu pasti akan pergi meninggalkanmu, dan kemungkinan besar, orang yang diajak selingkuh juga akan meninggalkanmu.
3. Kamu akan bingung membagi waktu
Selain diselimuti rasa gelisah tak menentu, selingkuh juga akan membuat kamu kesulitan dalam membagi waktu, waktu untuk bersama pacarmu dan juga bersama selingkuhanmu. Jika kamu tidak ingin ambil pusing, jangan pernah mencicipi rasanya perselingkuhan.
4. Sering berbohong
Hal ini yang sering terjadi dalam kisah percintaan. Kamu akan sering melakukan kebohongan-kebohongan kepada pacar maupun selingkuhanmua. Hal itu akann membuat dirimu merasa lelah dan energi pun terkuras. Selain itu, kebiasaan kamu sering berbohong akan menyakiti perasaan pacar kamu dan juga selingkuhanmu.
5. Galau setengah mati
Nahh, ketika kamu sudah menjalin hubungan terlarang ini dengan jangka waktu yang lama, kamu pasti akan merasakan kegelisahan dan kegalauan yang berat dan bahkan setengah mati. Bagaimana tidak? Disatu sisi, kamu masih mencintai pacar kamu, dan disisi lain, kamu pun sudah terlanjur menyayangi selingkuhanmua. Hal ini bahkan bisa membuat anda stres dan gangguan jiwa.

Demikianlah arti, pengertian, macam-macam dan resiko selingkuh yang wajib kalian ketahui. Kamu masih mau selingkuh, baiknya pikirkan dulu matang-matang, karena bakal ada berbagai masalah yang bakal menimpamu. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.


loading...

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Akad - Payung Teduh