chitika

Sunday, January 21, 2018

Cara Cepat dan efektif membersihkan piringan kelapa sawit (Menakjubkan)

Sejalan dengan perkembangannya, banyak cara membersihkan piringan kelapa sawit. Membersihkan piringan kelapa sawit dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu manual (garuk piringan), Kimiawi dan mekanis.

Manual.
Membersihkan piringan secara manual sudah lama dilakukan, yaitu sejak perkebunan kelapa sawit ada. Cara ini, memerlukan tenaga kerja yang banyak (padat karya). Jaman sekarang, mencari tenaga kerja sangat sulit dilakukan. Karena tenaga jaman sekarang banyak yang enggan untuk bekerja di perkebunan. Mereka lebih memilih kerja di kota walaupun penghasilannya kecil. Alat yang diperlukan sangat sederhana, yaitu parang dan garuk.

Kimiawi.
Cara kimiawi lebih efektif dan memerlukan sedikit tenaga. Cara ini dilakukan dengan menggunakan bahan kimiawi Glyphosat. Saat ini, cara kimiawi lebih banyak dilakukan. karena dengan sekali semprot dapat bertahan 4-6 bulan sampai penyemprotan berikutnya.

Mekanis.
Cara ini masih sangat jarang dilakukan mengingat alat yang digunakan berupa alat berat yang harganya relatif mahal. Namun harga mahal tersebut hanya didepan, selanjutnya harga akan semakin muran. Dari sisi tenaga kerja, cara ini tidak membutuhakan tenaga kerja yang banyak, yang diperlukan hanya seorang tenaga kerja yang mampu mengoperasikan alat, sehingga dibandingkan dengan cara manual dan kimiawi, kebutuhan tenaga kerja untuk cara mekanisasi sangatlah sedikit.  Berikut saya sajikan video cara membersihkan piringan dengan cara mekanis:

Sumber : Youtube



loading...

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Akad - Payung Teduh